Senin, 05 Maret 2012

Sejarah Terbentuknya SNSD

berawal Pada tahun 2005, SM Entertainment memberi debut boy band berukuran besar beranggotakan 13 orang: Super Junior dan mereka pun mulai merencanakan girl group yang sama besar. SM menyusun sebuah project group yang terdiri dari trainee sebagian besar adalah veteran trainee dan jumlah member yang ditampilkan adalah 11.

SM Girl Group Project – Showcase 1


Juhyun, Yuri, Bora, Seokbin, Yejin, Sooyoung, Liyin, Hyoyeon, Jessica
Namun, kelompok project ini tidak berlangsung lama. Dari 11 member hanya 6 dari mereka yg tetap dalam kelompok.
masuk: Seo Hyun-jin, Park So-yeon, Stella Kim, Jang Ha-jin, Lee Hwan-hee
keluar: Lee Yeon-hee, Hwang Bo-ra, Bae Seok-bin, Zhang Liyin, Kim Ye-jin
Yang cukup menarik, enam gadis yang tinggal dalam kelompok adalah Jessica Jung, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Choi Soo Young, Im Yoona, dan Seo Juhyun. Ada revisi line-up lebih banyak, tetapi kita semua tahu bahwa keenam cewe tsb berhasil mencapai final line-up. Mereka telah mengamankan posisi mereka di grup proyek bahkan dari awal pembentukan.

SM Girl Group Project – Revision 1


dari kiri ke kanan Seo Hyun-jin, Park So-yeon, Jessica Jung, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Stella Kim, Im Yoon-a, Jang Ha-jin, Seo Ju-hyun, Lee Hwan-hee
Ada 5 member baru : Seo Hyunjin, Park Soyeon, Stella Kim, Jang Hajin dan Lee Hwanhee. Sebelum grup proyek ini, Seo Hyunjin adalah vokalis utama dan maknae girl group SM sebelumnya yg dibubarkan,M.I.L.K.Trainee Park Soyeon telah diplot untuk menjadi salah satu-vokalis utama grup. Sedangkan trainee blasteran Korea-Amerika, Stella Kim, bukan hanya bagian diplot sebagai vokalis utama, tetapi ia juga direncanakan untuk menjadi ‘wajah’ dari kelompok (bersama dengan Im Yoona).
Karena berbagai alasan, SM memutuskan untuk menggantikan anggota tertua (Seo Hyunjin) dan maknae (Lee Hwanhee) dengan dua trainee baru, Kim Tae Yeon dan blasteran Korea-Amerika Stephanie Hwang. Pada saat itu, baik Taeyeon dan Stephanie alias Tiffany ‘hanya’ dilatih selama dua tahun.
masuk: Kim Tae-yeon, Stephanie Hwang
keluar: Seo Hyun-jin, Lee Hwan-hee

SM Girl Group Project – Revision 2

line up ini mungkin yang paling terkenal sebagai female couterpart dari Super Junior. Pada titik ini, netizens mulai menyebut kelompok proyek ini sebagai Super Girls. Bahkan, SM Entertainment awalnya direncanakan untuk mendebutkan grup dengan 11-anggota. Mereka bahkan sudah mengambil foto kelompok mereka.


Atas Kiri – Kanan: Stephanie, Soyeon, Hajin, Taeyeon, Hyoyeon, Sooyoung
Bawah Kiri-Kanan: Yuri, Yoona, Stella, Jessica, Juhyun.
Pada konsep ini Soyeon ditunjuk sebagai leader karena dia yang paling tua diantara yang lain dan Juhyun adl maknae. Vokalis utamanya adalah Soyeon, Taeyeon, Jessica, Stephanie, Stella, dan Juhyun.
dancer line: Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, dan Yoona. Sementara yang dijadikan “image”/visual/pin up girls adalah Jessica, Stella, Yoona, dan Hajin.
Namun akhirnya Stella Kim dan Jang Ha-jin didepak dari project ini
Ada rumor kalau Hajin dikeluarkan karena keahlian menarinya yang kurang.
Sedangkan Stella keluar karena orang tuanya menuntut Stella mendapat gelar sebelum debut (fokus ke kuliahnya).
member baru, Kim Tae Yeon dan Stephanie Hwang dibina oleh SM pada tahun 2004. Taeyeon memenangkan Grand Award Best Singer pada tahun 2004 SM 8 Kontes Tahunan Terbaik. Park Soyeon juga, dimasukan setelah memenangkan kontes yang sama tahun 2005.
MASUK: Lee Soon-Kyu (Sunny), Lee Hwan-hee, Heo Chan-mi
KELUAR: Stella Kim, Jang Ha-jin

SM Girl Group Project – Revision 3

Park So-yeon, Kim Tae-yeon, Jessica Jung, Lee Soon-kyu, Stephanie Hwang, Kim Hyo-yeon, Kwon Yu-ri, Choi Soo-young, Im Yoon-a, Seo Ju-hyun, Lee Hwan-hee, Heo Chan-mi
revisi ketiga memiliki Lee Soonkyu, Lee Hwanhee, dan Heo Chanmi sebagai member terbaru. Soonkyu direkrut berkat rekomendasi dari penyanyi SM Ahyoomi/ICONIQ. Sebelum dia audisi di SM Entertainment, Soon-kyu dilatih di perusahaan Wheesung’s. Sayangnya perusahaan tersebut bangkrut. Lee Hwanhee kembali direkrut ke grup. Heo Chanmi bergabung dengan kelompok sebagai maknae
Line-up ini memiliki 12 anggota, tidak seperti rencana awal dari 11 anggota. Pada titik ini (di suatu tempat sekitar pertengahan 2006),banyak seleksi dan pemilihan ketat. Situs-situs seperti Naver dan Daum sering memprediksi siapa yg bakal didepak dan siapa yg tinggal.


/baris pertama kiri ke kanan/ Hwanhee, Hyoyeon, Taeyeon, Jessica, Soyeon, Chanmi /baris kedua kiri ke kanan/ Juhyun, Soonkyu, Yoona, Yuri, Sooyoung
Seperti yang Agan lihat, gambar yang terakhir adalah salah satu yang terdekat dengan line-up akhir. Baik Lee Hwanhee dan Heo Chanmi akan didepak dari grup. Beberapa orang mengatakan bahwa SM sebenarnya merencanakan untuk debut dengan 10 anggota ini line-up.
Sayangnya, ‘leader’ dan salah satu vokalis Park Soyeon memutuskan untuk berhenti karena pelatihan ‘keras’. Dia bukan satu-satunya yang merasa seperti itu. Agan mungkin pernah mendengar tentang bagaimana Kim Tae Yeon, juga sudah berpikir tentang berhenti. Dia bahkan pernah melarikan diri selama satu hari sebelum datang kembali ke proses pelatihan.
Seperti kita ketahui, kelompok ini proyek memulai debutnya dengan nama So Nyuh Shi Dae (SNSD) pada tahun 2007, tak lama setelah Soyeon, Chanmi, dan Hwanhee pergi. Namun, dua tahun kemudian pada tahun 2009, Soyeon akhirnya debut dalam girl group MNet, T-ara. setahun setelahnya chanmi pun debut sebagai member Co Ed School.

SM Girl Group Project – Final Roster

Kelompok ini kemudian dinamai sebagai ‘소녀 시대 (So-Nyuh Shi-dae) yang secara harfiah berarti’ Era of Maidens ‘. atau ‘Girls’ Generation ‘sebagai nama inggris mereka, Nama itu sendiri diambil dari lagu hits tahun 1989 milik Lee Seung-chul ‘So Nyuh Shi Dae’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar